Vicka Aprillia Pradina; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar siswa pada mata
pelajaran Dasar-Dasar Pemasaran yang masih menunjukkan kecenderungan pasif,
monoton, dan kurang interaktif sehingga suasana kelas kurang hidup dan tujuan
pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Kondisi tersebut menuntut adanya
media pembelajaran yang inovatif, menyenangkan, serta mampu mendorong
keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan
media permainan ular tangga dalam pembelajaran, mengetahui perbedaan
partisipasi belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media, serta
menjelaskan peningkatan partisipasi belajar yang diperoleh setelah penerapan
dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan
desain eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah
siswa kelas X Bisnis Daring Digital 1 SMK Pasundan Rancaekek. Instrumen
penelitian berupa lembar observasi partisipasi belajar yang telah melalui uji
validitas dan reliabilitas. Proses penelitian dilakukan dengan membandingkan
kondisi partisipasi siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media
permainan ular tangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular
tangga mampu meningkatkan partisipasi belajar siswa, yang terlihat dari
keterlibatan mereka dalam bertanya, menjawab, berdiskusi, serta berinteraksi
selama pembelajaran. Dengan demikian, media permainan ular tangga dapat
dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang variatif, kreatif, dan sesuai untuk
meningkatkan partisipasi belajar siswa di sekolah menengah kejuruan.
Vicka Aprillia Pradina - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PEKO FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Vicka Aprillia Pradina. (2025).PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd