Record Detail Back
IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DAN FUZZY LOGIC DALAM APLIKASI ANDROID UNTUK PEMILIHAN GADGET SESUAI BUDGET
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong meningkatnya kebutuhan
masyarakat akan perangkat elektronik smartphone dan laptop. Namun, banyaknya pilihan
dengan spesifikasi dan harga yang beragam seringkali menyulitkan pengguna dalam
menentukan perngkat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Peneliti ini
bertujuan untuk membangun sebuah sistem rekomendasi gadget sesuai budget berbasis android
yang dapat membantu pengguna memilih perangkat yang sesuai dengan preferensi.
Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah algoritma K-Nearest Neighbor yang
diterapkan sebagai metode pencarian tetangga terdekat berbasis perhitungan jarak Euclidean,
tanpa melibatkan proses pelatihan model machine learning. Dataset yang digunakan akan
melalui tahapan preprocessing berupa normalisasi dan encoding agar memiliki format yang
konsisten. Selain itu juga sistem mengintegrasikan Fuzzy logic untuk menangani ketidak
pastian pada input pengguna, sehingga hasil rekomendasi menjadi lebih fleksibel dan sesuai
kebutuhan.
Sistem akan menerima input berupa harga, RAM, dan kegunaan utama perangkat,
kemudian menghasilkan daftar rekomendasi smartphone atau laptop yang paling sesuai dengan
preferensi pengguna. Hasil implementasi menunjukan bahwa aplikasi dapat berjalan dengan
baik, ditujang antarmuka yang sederhana dan fungsional sehingga memudahkan pengguna
dalam memasukkan preferensi serta memahami hasil rekomendasi.
Syahrul Ghifari Almubaraq - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Syahrul Ghifari Almubaraq. (2025).IMPLEMENTASI ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR DAN FUZZY
LOGIC DALAM APLIKASI ANDROID UNTUK PEMILIHAN GADGET
SESUAI BUDGET.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd






