Rafli Aditia; " />
Record Detail Back

XML

PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN” (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Projek kreatif dan Kewirausahaan)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media animasi audio
visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Projek
Kreatif dan Kewirausahaan. Permasalahan penelitian adalah rendahnya motivasi
belajar siswa yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain non-equivalent control
grup. Kelas eksperimen menggunakan media animasi audio visual, sedangkan kelas
kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data
dilakukan melalui angket, lembar observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis
menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t dan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki skor N-Gain
sebesar 0,462 (Kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang
memiliki skor N-Gain sebesar 0,083 (kategori rendah). Temuan ini menunjukan
bahwa penggunaan media animasi audio visual berpengaruh terhadap motivasi
belajar siswa dengan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan
menyenangkan
Rafli Aditia - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rafli Aditia. (2025).PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN” (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Projek kreatif dan Kewirausahaan).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd