Record Detail Back
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa dalam
pembelajaran ekonomi, yaitu ditandai dengan kurangnya rasa ingin tahu siswa,
kurangnya keberanian dalam mengungkapkan pendapat serta kemampuan
menemukan ide dan gagasan baru. Peelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penerapan model Project Based Learning serta mengukur efektivitasnya dalam
meningkatkan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari dua
kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 36 siswa
kelas X-11 dan kelas X-12 di SMAN 8 Bandung. Instrumrn yang digunakan adalah
tes uraian berdasarkan indicator kreativitas menurut Hamzah (2010). Teknik
analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, dan
N-Gain berbantuan SPSS V.22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model ini berjalan secara optimal dan meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini
ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji-t pada posttest sebesar 0,000 (p
Yunita Hidayah Trijayanti - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Yunita Hidayah Trijayanti. (2025).PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK
MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN
EKONOMI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd






