Rilo Dwi Pamungkas; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH E-WOM DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Rokok Elektrik Pod System Super 21+ pada E-commerce)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth
(E-WOM) dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk rokok
elektrik Super 21+ di e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Data dikumpulkan melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen aktif dan
pernah membeli produk Super 21+. Analisis data menggunakan uji validitas,
reliabilitas, serta analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh langsung
maupun tidak langsung dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan
terhadap minat beli konsumen. Demikian pula, kualitas produk terbukti
memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Secara simultan,
kedua variabel bebas tersebut memiliki kontribusi yang cukup kuat dalam
meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk Super 21+. Temuan ini
menegaskan bahwa strategi pemasaran digital berbasis ulasan konsumen serta
penyediaan produk yang berkualitas menjadi faktor penting dalam mendorong
keputusan pembelian. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah perlunya
perusahaan untuk mengoptimalkan pengelolaan ulasan online dan meningkatkan
kualitas produk agar mampu memperkuat daya tarik di pasar yang kompetitif.
Rilo Dwi Pamungkas - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
EKONOMI BM UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rilo Dwi Pamungkas. (2025).PENGARUH E-WOM DAN KUALITAS PRODUK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN (Studi Pada Rokok Elektrik Pod System Super 21+ pada E-commerce).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd