Deni Ikbal Muhidin; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN SOFTWARE DESMOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran open
ended berbantuan software Desmos untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kreatif matematis siswa. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting
dalam pembelajaran matematika karena melibatkan kelancaran, keluwesan,
keaslian, dan elaborasi dalam menyelesaikan masalah. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control
group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu XI-1 dan XI-10 di SMA
Negeri 1 Nagreg, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran
open ended berbantuan software Desmos, dan kelas kontrol yang mendapatkan
model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputi tes uraian
(pretest dan posttest) serta lembar observasi. Analisis data dilakukan secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
setelah diterapkannya model pembelajaran open ended berbantuan software
Desmos. Selain itu, peningkatan kemampuan siswa pada kelas eksperimen lebih
tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pembelajaran open ended dengan
bantuan software Desmos juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam
mengeksplorasi berbagai solusi masalah matematika secara kreatif. Dengan
demikian, model ini efektif diterapkan sebagai alternatif dalam pembelajaran
matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Deni Ikbal Muhidin - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Deni Ikbal Muhidin. (2025).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN SOFTWARE DESMOS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd