Record Detail Back
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Mengembangkan kapasitas kreatif seseorang di usia muda adalah suatu keharusan mutlak
di dunia modern, dan belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar tidak berbeda. Mencari tahu
seberapa baik model pembelajaran RADEC bekerja untuk menumbuhkan imajinasi siswa
saat mereka belajar bahasa Indonesia adalah tujuan utama dari penelitian ini. Desain kuasi
eksperimental yang menggunakan kelompok kontrol non-ekuivalen digunakan untuk
penelitian ini. Sebanyak 31 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini; 18 ditugaskan ke
kelompok eksperimen dan 13 ditempatkan di kelompok kontrol. Tes komposisi dan
observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Dengan menggunakan perangkat lunak
IBM SPSS 22, uji-t sampel independen digunakan untuk menganalisis data. Hasil uji-t
sampel independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pra-tes dan pasca
tes, dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hasil kreatif siswa juga meningkat dalam
kategori relatif efektif pada uji N-Gain. Oleh karena itu, jelas bahwa model pembelajaran
RADEC dapat secara efektif meningkatkan kreativitas bahasa Indonesia.
Zaqky Fadillah - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Zaqky Fadillah. (2025).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
RADEC UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V
SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd






