Melani Siti Nurfauziah; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPANMODELTEAMBASEDLEARNINGUNTUK MENINGATKANKEMAMPUANKOLABORASISISWADALAM PEMBELAJARANEKONOMI


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kolaborasi siswa
dalam pembelajaran ekonomi, yaitu ditandai dengan rendahnya rasa tanggung
jawab individu dalam menyelesaikan tugas, hanya beberapa siswa yang secara
aktif menyelesaikan tugas kelompok sedangkan yang lainnya pasif, hanya
menunggu, bahkan tidak merasa memiliki tanggung jawab terhadap hasil akhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Team Based
Learning serta mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan
kolaborasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi
eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua
kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 36
siswa kelas XI-L dan kelas XI-J di SMA Negeri 1 Majalaya. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi berdasarkan indikator kemampuan kolaborasi
menurut Meilinawati (2018). Teknik analisi data meliputi uji validitas, reliabilitas,
normalitas, homgenitas, uji-t dan N-Gain berbantuan software IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ini berjalan secara optimal
dan meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai
signifikansi uji-t pada posttest sebesar 0,000 < 0,05, serta skor rata-rata N-Gain
kelas eksperimen sebesar 0.38 yang berada dalam kategori sedang. Sementara
kelas kontrol menunjukkan peningkatan sebesar 0.19. Berdasarkan hasil tersebut
disimpulkan bahwa model Team Based Learning efektif dalam meningkatkan
kemampuan kolaborasi siswa dalam pembelajaran ekonomi.
Melani Siti Nurfauziah - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Melani Siti Nurfauziah. (2025).PENERAPANMODELTEAMBASEDLEARNINGUNTUK MENINGATKANKEMAMPUANKOLABORASISISWADALAM PEMBELAJARANEKONOMI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd