Record Detail Back
PENGARUH CONTENT MARKETING DAN GREEN PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEY PADA PENGGUNA SKINCARE AVOSKIN DI MARKETPLACE TIKTOK)
Perkembangan media sosial, terutama TikTok, telah mendorong perubahan dalam
strategi pemasaran yang lebih interaktif melalui content marketing. Di sisi lain,
meningkatnya kesadaran konsumen terhadap isu-isu lingkungan mendorong
perusahaan kosmetik untuk menawarkan produk yang ramah lingkungan (green
product). Meskipun Avoskin telah menerapkan strategi Content Marketing yang
menarik dan menawarkan produk ramah lingkungan, tantangan dalam
memengaruhi keputusan pembelian konsumen di platform digital tetap ada. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Content Marketing
dan Green Product terhadap keputusan pembelian skincare Avoskin di kalangan
pengguna marketplace TikTok. Meskipun kedua variabel tersebut menunjukkan
hasil yang tergolong "Cukup Baik" dalam memengaruhi keputusan pembelian,
penelitian ini berupaya untuk mengeksplorasi lebih dalam. Metode yang digunakan
adalah pendekatan kuantitatif melalui survei terhadap 96 responden yang dipilih
dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis secara deskriptif dan verifikatif
menggunakan Path Analysis setelah konversi data ordinal ke interval dengan
metode MSI. Hasil analisis menunjukkan bahwa Content Marketing dan Green
Product secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, dengan t-hitung masing-masing 5,396 dan 7,133, serta signifikansi
0,000 < 0,05. Secara simultan, kedua variabel ini juga berpengaruh signifikan,
dengan Green Product sebagai faktor dominan yang menyumbang 63,7% terhadap
keputusan pembelian. Dapat disimpulkan bahwa, optimalisasi strategi Content
Marketing yang edukatif dan penguatan komitmen terhadap Green Product sangat
penting untuk meningkatkan keputusan pembelian. Salah satu upaya yang dapat
dilakukan meliputi peningkatan personalisasi konten, penegasan komunikasi
mengenai nilai keberlanjutan produk, pengembangan program loyalitas, serta
integrasi yang lebih erat antara kedua strategi tersebut.
Imelda Widya - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
EKONOMI BM UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Imelda Widya. (2025).PENGARUH CONTENT MARKETING DAN GREEN
PRODUCT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
(SURVEY PADA PENGGUNA SKINCARE AVOSKIN DI MARKETPLACE TIKTOK).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd