Yeyep Kurniawan; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SD


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Game Based Learning (GBL)
dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas IV SD. Latar belakang penelitian
ini didasarkan pada pentingnya kemampuan numerasi sebagai salah satu kompetensi dasar
abad 21 yang masih rendah pada sebagian besar siswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe nonequivalent control
group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar yang
menjadi subjek penelitian, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas
eksperimen yang menggunakan model GBL dan kelas kontrol dengan model konvensional.
Instrumen penelitian berupa tes numerasi yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas,
data dikumpulkan melalui tes numerasi sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data
dilakukan dengan uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan yang
signifikan antara rata-rata hasil numerasi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar
0,090 menjadi 0,000, di mana kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih
tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa model GBL efektif dalam meningkatkan
kemampuan numerasi siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru disarankan
untuk mengintegrasikan unsur permainan edukatif dalam proses pembelajaran untuk
menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa.
Yeyep Kurniawan - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Yeyep Kurniawan. (2025).PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS IV SD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd