Record Detail Back
ANALISIS KEMAMPUAN MENCERMATI GAGASAN POKOK DALAM PARAGRAF TEKS NON-FIKSI BAHASA INDONESIA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Kemampuan mencermati gagasan pokok dalam paragraf teks non-fiksi merupakan
keterampilan penting dalam membaca, namun fakta di lapangan menunjukkan
bahwa sebagian peserta didik Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam
mengidentifikasi ide utama sehingga pemahaman bacaan kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan peserta didik kelas IV dalam
mencermati dan memahami gagasan pokok pada teks non-fiksi Bahasa Indonesia.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
analitis. Subjek penelitian terdiri dari sembilan peserta didik kelas IV SDN Jati 02
Kabupaten Bandung yang dipilih melalui teknik purposive sampling yang mewakili
kategori capaian tinggi, sedang, dan rendah. Data diperoleh melalui observasi, tes
tulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi
kemampuan: sebagian peserta didik mampu secara konsisten mengidentifikasi
kalimat utama, membedakan gagasan pokok dan pendukung, serta menyimpulkan
isi paragraf, sementara sebagian lainnya masih mengalami kesulitan signifikan
dalam aspek-aspek tersebut. Kesimpulannya, kemampuan mencermati gagasan
pokok peserta didik kelas IV tergolong heterogen dan memerlukan intervensi
pedagogis melalui strategi pembelajaran yang lebih sistematis, variatif, dan
kontekstual untuk meningkatkan pemahaman bacaan
Dhita Ayu Aprilyan - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Dhita Ayu Aprilyan. (2025).ANALISIS KEMAMPUAN MENCERMATI GAGASAN POKOK
DALAM PARAGRAF TEKS NON-FIKSI BAHASA INDONESIA
PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd