Adika Theresia; " />
Record Detail Back

XML

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS


Kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik, khususnya pada materi
sistem pertidaksamaan linear dua variabel, masih belum optimal. Hal ini
disebabkan oleh pembelajaran yang belum terlatih menggunakan komunikasi
matematis tertulis yang sesuai, khususnya dalam penggunaan simbol beserta
artinya, serta dalam menuliskan jawaban secara sistematis. Tujuan penelitian ini
adalah 1) untuk mengukur adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis
tertulis setelah diberikan metode pembelajaran Scaffolding berbantuan media
Kahoot!, 2) untuk mengukur adanya peningkatan kemampuan komunikasi
matematis tertulis yang menggunakan metode pembelajaran Scaffolding
berbantuan Media Kahoot! lebih baik daripada konvensional, 3) untuk
mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Scaffolding yang
menggunakan media Kahoot! sebagai alat bantu. Penelitian ini menggunakan
metode kuasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas X di SMAN 8 Bandung. Sampel penelitian ini sebanyak dua
kelas yaitu kelas X-6 sebagai kelas eksperimen dan X-7 sebagai kelas kontrol. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi
matematis tertulis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran
Scaffolding berbantuan media Kahoot!, 2) Terdapat peningkatan kemampuan
komunikasi matematis tertulis peserta didik yang menggunakan metode
pembelajaran Scaffolding berbantuan media Kahoot! lebih baik daripada
pembelajaran konvensional, 3) Pelaksanaan metode pembelajaran Scaffolding
berbantuan Kahoot! berjalan sangat baik.
Adika Theresia - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PMAT FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Adika Theresia. (2025).IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SCAFFOLDING BERBANTUAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd