Record Detail Back
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerasi peserta
didik kelas II SDN 099 Babakan Tarogong Kota Bandung, yang bertujuan untuk
menganalisis pengaruh penggunaan media garis bilangan berbasis canva terhadap
kemampuan numerasi peserta didik pada materi penjumlahan dan pengurangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen, sifat
penelitian kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design
menggunakan sampel kelas II A sebagai kelas eksperimen dan II B sebagai kelas
kontrol. Data diperoleh melalui observasi dan tes pretest–posttest, lalu dianalisis
dengan uji Mann-Whitney U dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan
perbedaan signifikan hasil uji Mann-Whitney U terhadap data skor pretest adalah
sebesar 0,206, Nilai ini lebih besar dari taraf signifikansi 0,05, dapat disimpulkan
bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan numerasi
peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum pertemuan ketiga.
Skor posttest sebesar 0,042, yang artinya lebih kecil dari 0,05. Menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah pelaksanaan pertemuan ketiga.
Dengan demikian, hasil ini mengindikasikan bahwa pada pertemuan ketiga,
terdapat peningkatan kemampuan numerasi yang signifikan pada salah satu
kelompok, yaitu kelas eksperimen, dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini
menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan di kelas eksperimen memberikan
pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan numerasi peserta didik. Hal ini
menunjukkan bahwa kedua kelompok berada dalam kondisi awal yang relatif
setara. hasil rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 61,13% dengan kategori
cukup efektif, sedangkan kelas kontrol 47,47% kategori kurang efektif. Dengan
demikian, media garis bilangan berbasis canva terbukti efektif meningkatkan
kemampuan numerasi peserta didik sekolah dasar.
Nur Latifah - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nur Latifah. (2025).PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN BERBASIS
CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI
PESERTA DIDIK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd