Komalasari; " />
Record Detail Back

XML

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 4 MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta
didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)
melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik,
terutama pada indikator mengevaluasi informasi, menarik kesimpulan, dan
menjelaskan berdasarkan bukti. Penelitian ini menggunakan metode kuasi
eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian
terdiri dari dua kelas IV di SDN 038 Kiaracondong, masing-masing berjumlah 28
peserta didik yang dipilih melalui teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui tes dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.
Instrumen tes disusun berdasarkan indikator berpikir kritis menurut Ennis. Data
dianalisis menggunakan uji non-parametrik Mann-Whitney karena data tidak
berdistribusi normal. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL
menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi
dibandingkan dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based
Learning efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV sekolah dasar
Komalasari - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Komalasari. (2025).MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS 4 MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd