Record Detail Back
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan dalam
mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan,
mengukur perbedaan dan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik
dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan
media kartu kata pada kelas I SDN Pasawahan 09 Kab Bandung. Penelitian ini
menggunakan metode Quasi Exsperiment dengan desain Nonequivalent Control Group
Design yang terdiri dari kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Media Kartu Kata dan kelas
kontrol menggunakan pembelajaran konvesional, masing-masing berjumlah 30 peserta
didik. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengukur penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata dan tes untuk
mengukur kemampuan membaca permulaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang berarti semua anggota populasi dijadikan
sampel. Teknik analisis data dengan statistic parametrik menggunakan bantuan aplikasi
Software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan peserta didik dapat dilakukan dengan baik. 2) Terdapat
peningkatan kemampuan membaca permulaan pada peserta didik setelah diterapkanya
model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata. 3)
Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik antara
kelas eksperimen yang pembelajaran menggunakan pembelajaran Contextual Teaching
and Learning dengan media kartu kata dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran
konvesional.
Raihana Azhari Seftiani - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Raihana Azhari Seftiani. (2025).PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
DENGAN MEDIA KARTU KATA UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA
PERMULAAN.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd