Record Detail Back
APLIKASI ANTRIAN SERVIS KAMERA DENGAN SISTEM AUTO REGIST & WHATSAPP BOT (Studi Kasus: SSGS Camera Garut)
Sistem antrian yang efisien sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan, khususnya pada layanan perbaikan kamera. Penelitian ini bertujuan
untuk membangun sebuah aplikasi berbasis web yang menerapkan metode First In,
First Out (FIFO) untuk mengelola antrian servis secara otomatis dan terstruktur.
Sistem ini memungkinkan customer melakukan registrasi melalui WhatsApp Bot
dan secara otomatis menghasilkan Nomor Tiket dan QR Code. QR Code ini berisi
data nomor tiket dan digunakan sebagian label jika data customer sudah diterima
pada proses validasi data. Terdapat tiga aktor utama dalam sistem, yaitu super
admin, admin, dan customer. Super admin memiliki akses validasi data, kelola data
service, manajemen admin dan laporan, admin bertanggung jawab dalam validasi
data, kelola data service, dan laporan, sedangkan customer dapat memantau status
perbaikan tanpa harus login. Metode Pengembangan sistem dilakukan dengan
pendekatan Rapid Application Development (RAD) dan pengujian dilakukan
menggunakan metode black box testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
seluruh fungsi sistem, termasuk mekanisme antrian FIFO berjalan sesuai dengan
harapan, dengan sistem ini proses pelayanan menjadi lebih cepat, transparan, dan
terorganisir.
NUR KHOLIS APRIANTO - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NUR KHOLIS APRIANTO. (2025).APLIKASI ANTRIAN SERVIS KAMERA DENGAN SISTEM
AUTO REGIST & WHATSAPP BOT
(Studi Kasus: SSGS Camera Garut).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd