Record Detail Back
PENGARUH PENGGUNAAN METODE MULTISENSORI TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI BACA PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN BUAH BATU BARU
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan literasi baca. Masalah
ini terlihat dari banyaknya peserta didik yang secara teknis mampu membaca,
namun masih kesulitan dalam memahami isi teks secara mendalam padahal,
keterampilan literasi baca merupakan fondasi utama bagi perkembangan intelektual
dan kesiapan peserta didik dalam menghadapi tantangan di masa depan.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur pengaruh penggunaan
metode multisensori terhadap peningkatan keterampilan literasi baca peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group
pretest-posttest. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas 2 SDN 163
Buah Batu Baru sebanyak 62 orang. Sampel penelitian ini menggunakan Purposive
Sampling dengan mengambil satu kelas tunggal yaitu kelas 2B yang terdiri dari 31
orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian
berbentuk pilihan ganda untuk mengukur keterampilan literasi baca dan lembar
observasi untuk melihat keterlaksanaan metode multisensori. Hasil penelitian yaitu
1) penerapan metode multisensori dalam pembelajaran dapat terlaksana dengan
baik, mencapai 100% pada pertemuan ketiga; 2) terdapat peningkatan keterampilan
literasi baca peserta didik yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata gain
ternormalisasi sebesar 63,62 yang berkategori sedang; 3) penerapan metode
multisensori berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan
literasi baca peserta didik, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (sig. 0,000 <
0,05).
Amara Rizki Maharani - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2025
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Amara Rizki Maharani. (2025).PENGARUH PENGGUNAAN METODE MULTISENSORI
TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI BACA
PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN BUAH BATU BARU.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd