Record Detail Back
STRATEGI KOMUNIKASI BRAND & CREATIVE PERSIB MELALUI AKUN INSTAGRAM @PERSIB DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA BOBOTOH PERSIB'S BRAND & CREATIVE COMMUNICATION STRATEGY THROUGH THE @PERSIB INSTAGRAM ACCOUNT IN PROVIDING INFORMATION TO BOBOTOH
Era digital saat ini, media sosial telah menjadi alat komunikasi yang vital bagi
berbagai organisasi, termasuk klub sepak bola. Persib Bandung, sebagai salah satu
klub sepak bola terbesar di Indonesia, menggunakan akun Instagram resmi
@persib untuk berkomunikasi dengan penggemarnya yang dikenal sebagai
Bobotoh. Fenomena yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana tim
Brand & Creative Persib merancang dan menerapkan strategi komunikasi melalui
platform Instagram dalam memberikan informasi kepada Bobotoh. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penelitian (research), perencanaan
(plan), pelaksanaan (excute), pengukuran/evaluasi (measure), dan pelaporan
(report) dalam memberikan informasi kepada Bobotoh. Metodologi penelitian
yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap konten yang dipublikasikan
di akun Instagram @persib, wawancara mendalam dengan Head Brand &
Creative dan tim social media specialist Brand & Creative Persib, serta dua
orang Bobotoh sebagai penikmat konten Instagram Persib. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dalam tahap penelitian, tim Brand & Creative Persib
melakukan analisis audiens dan tren media sosial untuk memahami preferensi dan
kebutuhan Bobotoh. Pada tahap perencanaan, strategi komunikasi dirancang
melalui konten plan bulanan. Tahap pelaksanaan melibatkan penetapan tim kerja,
produksi dan publikasi konten, serta pemanfatan fitur Instagram. Evaluasi
dilakukan dengan mengukur engagement rate. Pelaporan dibuat dalam bentuk
monthly report dan hasil evaluasi digunakan untuk memperbaiki dan
mengoptimalkan strategi komunikasi di masa mendatang.
Ladiva Ummara Qisthi - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ladiva Ummara Qisthi. (2024).STRATEGI KOMUNIKASI BRAND & CREATIVE PERSIB MELALUI
AKUN INSTAGRAM @PERSIB DALAM MEMBERIKAN INFORMASI
KEPADA BOBOTOH
PERSIB'S BRAND & CREATIVE COMMUNICATION STRATEGY
THROUGH THE @PERSIB INSTAGRAM ACCOUNT IN PROVIDING
INFORMATION TO BOBOTOH.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd