Ayu Wulandari; " />
Record Detail Back

XML

TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMPN 1 BALEENDAH PERSUASIVE COMMUNICATION TECHNIQUES OF COUNSELING GUIDANCE TEACHER.S IN DEVELOPING STUDENTS' LEARNING DISCIPLINE AT SMPN 1 BALEENDAH


Penelitian ini berjudul " Teknik Komunikasi Persuasif Guru Bimbingan Konseling
dalam Pembinaan Kedisiplinan Belajar Siswa SMPN 1 Baleendah". Penelitin ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif guru
bimbingan konseling dalam pembinaan kedisiplinan belajar siwa dan hambatan
komunikasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif
dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data melibatkan
observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK
menggunakan berbagai teknik komunikasi persuasif yang diuraikan oleh Ezi
Hendri, termasuk teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan,
dan teknik red-herring. Teknik asosiasi digunakan untuk mengaitkan konsekuensi
positif dengan perilaku disiplin, sedangkan teknik integrasi berfokus pada
membangun hubungan emosional antara guru dan siswa. Teknik ganjaran, yang
mencakup penggunaan teknik fear arousing, diterapkan untuk memberikan
dorongan atau peringatan terhadap perilaku yang tidak disiplin. Teknik tataan
digunakan untuk menata argumen secara logis agar lebih mudah diterima oleh
siswa, dan teknik red-herring berfungsi untuk mengalihkan perhatian siswa dari
hal-hal negatif menuju hal-hal yang lebih positif. Penelitian ini juga
mengidentifikasi beberapa hambatan komunikasi yang dihadapi oleh guru BK,
seperti lingkungan kelas yang bising, keraguan siswa untuk mengajukan
pertanyaan, serta kurangnya komunikasi proaktif dari guru BK. Meskipun
demikian, teknik komunikasi persuasif yang digunakan sesuai dengan pendekatan
Ezi Hendri terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan penerapan teknik komunikasi
persuasif sangat bergantung pada situasi dan konteks, serta kemampuan guru BK
untuk mengatasi hambatan komunikasi yang ada. Penelitian ini memberikan
kontribusi penting dalam memahami dinamika komunikasi persuasif dalam
pendidikan, serta memberikan rekomendasi praktis bagi guru BK untuk
meningkatkan efektivitas komunikasi mereka dalam membina kedisiplinan belajar
siswa.

Ayu Wulandari - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ayu Wulandari. (2024).TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMPN 1 BALEENDAH PERSUASIVE COMMUNICATION TECHNIQUES OF COUNSELING GUIDANCE TEACHER.S IN DEVELOPING STUDENTS' LEARNING DISCIPLINE AT SMPN 1 BALEENDAH.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd