Miko Indrianto; " />
Record Detail Back

XML

REPRESENTASI KESENJANGAN GENERASI PADA IKLAN IM3 VERSI "DEKATKAN JARAK, NYATAKAN SILATURAHMI” (Analisis Semiotika Roland Barthes)


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi kesenjangan generasi
yang muncul dalam iklan IM3 versi "Dekatkan Jarak, Nyatakan Silaturahmi"
menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes. Kesenjangan generasi,
khususnya antara ibu dan anak, sering kali menjadi sumber ketegangan dalam
interaksi sehari-hari. Iklan ini memperlihatkan dinamika hubungan antara seorang
ibu yang protektif dan seorang anak yang berusaha mempertahankan privasinya.
Metode semiotika Roland Barthes digunakan untuk mengkaji lapisan-lapisan
makna yang tersembunyi dalam iklan ini, yaitu denotasi, konotasi, dan mitos.
Analisis denotatif mengeksplorasi makna literal dari elemen-elemen visual dan
verbal dalam iklan, sementara analisis konotatif mengungkap makna yang lebih
dalam yang berhubungan dengan budaya dan konteks sosial, sedangkan analisis
mitos menyampaikan dan meneguhkan ideologi dominan dalam masyarakat. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa iklan tersebut tidak hanya merefleksikan
kesenjangan generasi yang terjadi dalam kehidupan nyata, tetapi juga berusaha
menjembatani perbedaan tersebut melalui narasi yang menunjukkan pentingnya
komunikasi dan pemahaman antar generasi.
Miko Indrianto - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Miko Indrianto. (2024).REPRESENTASI KESENJANGAN GENERASI PADA IKLAN IM3 VERSI "DEKATKAN JARAK, NYATAKAN SILATURAHMI” (Analisis Semiotika Roland Barthes).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd