Record Detail Back
KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU KEPADA ANAK DISABILITAS TUNAGRAHITA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR
Judul penelitian ini adalah Komunikasi Interpersonal Guru Kepada Anak
Disabilitas Tunagrahita Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Luar Biasa Ar
Rahman Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
komunikasi guru kepada anak disabilitas, bagaimana cara guru menggunakan
bahasa verbal dan nonverbal dengan menggunakan konsep komunikasi Deddy
Mulyana, serta bagaimana hambatan yang dialami dalam berkomunikasi dengan
anak disabilitas tunagrhaita dalam proses belajar mengajar. metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif
kualitatif. Proses pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru
kepada anak disabilitas tunagrahita dalam proses belajar mengajar adalah dengan
cara memperjelas bahasa verbal dan menggunakan komunikasi nonverbal agar
pesan dapat tersampaikan dengan baik dan mudah dipahami. Namun terdapat
hambatan seperti, kemampuan berpikir anak disabilitas tunagrahita, perubahan
mood, dan komunikasi satu arah. Keberhasilan komunikasi interpersonal dapat
dilihat dari tindakan anak disabilitas tunagrahita mau menjalankan instruksi guru,
mau mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk, perkembangan motoric semakin
meningkat dan memahami bahasa-bahasa baru.
Mega Nurul Noviawaty - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Mega Nurul Noviawaty. (2023).KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU KEPADA ANAK
DISABILITAS TUNAGRAHITA DALAM PROSES BELAJAR
MENGAJAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd