Record Detail Back
IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya semangat belajar yang disebabkan
oleh metode pembelajaran yang monoton dan berpusat pada guru. Model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) diusulkan sebagai
solusi untuk meningkatkan interaksi siswa, minat, dan perhatian dalam belajar
melalui diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
implementasi model kooperatif tipe NHT, mengukur perbedaan semangat belajar
siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan mengukur peningkatan
semangat belajar siswa dikelas eksperimen lebih baik dari pada dikelas kontrol pada
pembelajaran ekonomi di SMA. Metode penelitian adalah metode quasi
exsperiment. Sampel dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPS I
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS II sebagai kelas kontrol. Instrumen
penelitian adalah observasi semangat belajar pembelajaran ekonomi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran NHT dalam
meningkatkan semangat belajar siswa berjalan dengan baik, selain itu para siswa
dalam kelas eksperimen memperlihatkan semangat yang tinggi, semangat belajar
siswa pembelajaran ekonomi di SMA pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding
kelas kontrol, dan peningkatan semangat belajar siswa di kelas eksperimen lebih
baik daripada di kelas kontrol
SILVIA AMANDA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PEKO FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SILVIA AMANDA. (2024).IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SMA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd