MUHAMMAD ZAIDAN ARRAFI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran
inkuiri terhadap peningkatkan karakter mandiri peserta didik kelas IV Sekolah
Dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemandirian peserta didik
kelas IV SDN 099 Babakan Tarogong Kota Bandung. Penelitian ini
mengidentifikasi pengaruh signifikan dari model pembelajaran inkuiri terhadap
karakter mandiri peserta didik, serta menilai adanya peningkatan yang signifikan
dalam karakter mandiri setelah penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent
control group design yang terdiri atas pretest-posttes dengan melibatkan kelompok
kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelompok
eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri. Teknik penarikan
sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling yang berarti
pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas, yaitu kelas IV-B sebagai kelas
eksperimen dan kelas IV-F sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 28
peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket kuisioner karakter mandiri,
lembar observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji prasyarat, uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (1) Uji gain menunjukan bahwa peningkatan karakter mandiri peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran inkuiri yaitu sebesar (0,3428) dikategori
peningkatan sedang dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran
konvensional (0,1833) dikategori peningkatan rendah.terdapat perbedaan karakter
mandiri peserta didik yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dan
menggunakan model pembelajaran konvensional. (2) terdapat perbedaan
peningkatan karakter mandiri peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran inkuiri dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri secara
signifikan meningkatkan karakter mandiri peserta didik, dengan peningkatan pada
kategori sedang. Temuan ini menekankan pentingnya pengembangan model
pembelajaran yang mendukung kemandirian peserta didik dalam proses belajar
MUHAMMAD ZAIDAN ARRAFI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MUHAMMAD ZAIDAN ARRAFI. (2024).PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATKAN KARAKTER MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd