Record Detail Back
PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SD MUTIARA KOTA BANDUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses
kegiatan ekstrakurikuler pramuka serta untuk mengetahui pengaruh kegiatan
ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan sikap kepemimpinan pada peserta
didik kelas V SDN 231 Sukaasih Kota Bandung. Latar belakang penelitian ini
adalah rendahnya sikap kepemimpinan peserta didik kelas V SDN 231 Sukaasih
Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
mendeskripsikan bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler pramuka peserta didik
Kelas V di SDN 231 Sukaasih Kota Bandung, serta untuk mengetahui pengaruh
kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan sikap kepemimpinan pada
peserta didik kelas V SDN 231 Sukaasih Kota Bandung. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif non eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 25 peserta
didik yang terdiri dari 12 siswa putri dan 13 siswa putra, subjek penelitian berasal
dari sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner
serta Instrumen dikembangkan dengan menggunakan validitas eksternal yang
dilakukan di SDN 231 Sukaasih Kota Bandung. Prosedur analisis data dilakukan
dengan cara analisis asumsi klasik dan analisis hipotesis. Hasil dari penelitian ini,
menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara kegiatan ekstrakurikuler
pramuka terhadap pembentukan sikap kepemimpinan dengan nilai pengaruh
sebesar 49%. Selain itu, hasil penelitian ini dapat dilihat dari koefisien korelasi yang
terjadi antara kegiatan ekstrakurikuler pramuka (X) dengan pembentukan sikap
kepemimpinan (Y) dalam penelitian ini sebesar 0,305 dengan arah positif. Maka
dari itu r hitung 0,305 pada proporsi 0,00
MOCH. HABBI ISMAIL - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MOCH. HABBI ISMAIL. (2024).PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK SD MUTIARA KOTA BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd