INTAN NURAINI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Sy


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis peserta didik yang
masih rendah pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Majalaya 01. Model
pembelajaran masih didasari dengan ceramah dan penugasan secara individual
ataupun kelompok. Untuk membuat proses pembelajran IPA menjadi lebih
menyenangkan dan siswa aktif dan tercapai tujuan pembelajaran, maka dilakukan
penelitian untuk menerapkan model Problem Baed Learning. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Problem Based Learning
dalam pembelajran IPA terhadap kemampuan berpikir kritis Peserta didik kelas V
SDN Majalaya 01 tahun ajaran 2023/2024. Keterampilan berpikir kritis
merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik di abad 21 ini.
Namun, fakta dilapangan menemukan beberapa permasalahan yaitu tidak adanya
aktivitas belajar yang merangsang peserta didik untuk berpikir kritis, guru
dominan menggunakan metode ceramah, kurangnya inovasi pembelajaran yang
diterapkan oleh guru, peserta didik tidak pernah dilatih untuk menyelesaikan soalsoal HOTS yang dibuktikan berdasarkan analisis ulangan harian teridentifikasi
level kognitif C1 sampai C2. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) unruk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam
pembelajaran IPA terhadap kemampuab berpikir kritis peserta didik kelas V SDN
Majalaya 01 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model PBL
terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di SDN Majalaya 01. Penelitian
ini bersifat kuantitatif, metode penelitian ( pre- eksperimental design ) dengan
sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,dan
tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Paired Sample t-test .
Dengan hasil analisis data hipotesis dengan nilai sig. 0,000 jika nilai sig
INTAN NURAINI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
INTAN NURAINI. (2024).PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SD Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Sy.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd