AWALIA RISKA JANATUNNISA; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH METODE SOCRATES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SD


Hasil terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V yang telah dilakukan di salah
satu sekolah, peneliti memperoleh informasi bahwa keterampilan berpikir kritis pada
peserta didik dikelas ini masih tergolong rendah. Dikarenakan siswa kesulitan dalam
memahami materi pembelajaran yang berdampak pada kurang terampilnya
memecahkan masalah dalam pembelajaran, pembelajaran masih bersifat teachercentered, peserta didik kurang berani bertanya yang mana berpengaruh pada rasa kurang
percaya diri peserta didik sehingga menimbulkan hasil belajar yang kurang maksimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penggunaan metode Socrates
dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks narasi, dan (2) mengukur
pengaruh metode Socrates terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode
penelitian yang di terapkan adalah metode eksperimen dengan desain quasy
eksperimental. Populasi sekaligus sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas V-A
sebagai kelas eksperimen serta peserta didik kelas V-B sebagai kelas kontrol yang
masing-masing berjumlah 28 peserta didik. Analisis data dalam penelitian menggunkan
uji-T. Temuan penelitian yaitu terdiri dari:1) Penggunaan metode Socrates terhadap
keterampilan berpikir kritis pada materi teks narasi di kelas V Sekolah Dasar.2)
Pengaruh penggunaan metode Socrates pada materi teks narasi di kelas V Sekolah
Dasar.
AWALIA RISKA JANATUNNISA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
AWALIA RISKA JANATUNNISA. (2024).PENGARUH METODE SOCRATES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd