DIMAS ZULFA SANTANA; " />
Record Detail Back

XML

PENERAPAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN MOTIF BATIK KONTEMPORER


Selain Indonesia yang memiliki banyak pulau, Indonesia juga mempunyai berbagamacam warisan budaya dari leluhur yang tesebar di Nusantara, salah satunya yaitubatik. Batik merupakan busana atau kain yang dibuat dengan cara pewarnaan
tertentu yang dinamakan teknik resist dengan menggunakan alat yang biasa disebutcanting. Kata batik berasal dari bahasa Jawa yang bermakna menulis. UnitedNations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau
Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan resmi mengakui batiksebagai Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Warisan Budaya Takbenda padatahun 2009. Seiring bergulirnya waktu, muncul pengembangan baru dari Batik
Tradisional, yaitu Batik Kontemporer. Batik kontemporer merupakan batik yang
pola motifnya tidak mengacu pada pakem atau aturan-aturan tertentu. Motif-motifyang dibuat biasanya tidak terikat oleh bentuk dari aturan pembuatan batik yangsudah ada dan bergaya bebas. Namun dalam melestarikannya, masih banyak
masyarakat yang kurang edukasi akan warisan budaya batik. Hal ini disebabkan
karena beberapa faktor salah satunya yaitu keterbatasan akses terhadap informasi
batik. Sehingga dibuatlah aplikasi yang berguna agar dapat mengedukasi tentang
batik dengan menerapkan algoritma Fisher-Yates Shuffle pada sebuah game puzzlePenelitian ini juga menggunakan metode rekayasa forward engineering dan metodepengembangan sistem yaitu model scrum.

DIMAS ZULFA SANTANA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
TEKNIK INFORMATIKA UNLA
2022
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DIMAS ZULFA SANTANA. (2022).PENERAPAN ALGORITMA FISHER-YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI PUZZLE PENGENALAN MOTIF BATIK KONTEMPORER.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd