SYIFA SRIRAHAYU; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta
didik dalam pembelajaran IPA. Hal ini ditandai dengan pembelajaran masih berpusat
pada guru dan kurang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses
pembelajaran dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk
mendeskripsikan penerapan Model Group Investigation (GI) pada materi peristiwa
alam di kelas V 2) Untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta
didik pada materi peristiwa alam setelah menggunakan Model Group Investigation
di kelas eksperimen 3) Untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis
peserta didik pada materi peristiwa alam yang menggunakan Model Group
Investigation di kelas eksperimen lebih baik dari pada peserta didik yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas kontrol. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan
desain penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar SDN 099 Babakan Tarogong dan sampel
dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel dalam
penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas
V-B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi untuk
melihat keterlaksanaan model Group Investigation dan tes untuk mengukur
peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data
menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji kesukaran, daya pembeda, uji
normalitas, uji homogenitas, uji T dan uji N-Gain berbantuan Software IBM SPSS
Statistic 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model Group
Investigation di kelas eksperimen keterlaksanaan mencapai kriteria sangat baik. 2)
Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi peristiwa
alam setelah menggunakan model Group Investigation dikelas eksperimen. 3)
Peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi peristiwa alam yang
menggunakan Model Group Investigation di kelas eksperimen lebih baik dari pada
peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas kontrol
SYIFA SRIRAHAYU - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SYIFA SRIRAHAYU. (2024).PENGARUH PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd