RISDA NIANDARI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 104 LANGENSARI SENANGGALIH


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif matematika
peserta didik kelas V di SDN 104 Langensari Senanggalih. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT) dan membandingkannya dengan model Small Group
Discussion (SGD) dalam meningkatkan hasil belajar kognitif matematika.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi
Eksperimental tipe Nonequivalent Control Group Design, menggunakan metode
pengumpulan data dengan purposive sampling dan uji N-Gain. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model NHT dilaksanakan dengan sangat baik di
kelas, dan terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar kognitif matematika
antara kelas eksperimen yang menggunakan model NHT dengan kelas kontrol yang
menggunakan model SGD. Selain itu, terjadi peningkatan hasil belajar kognitif
matematika peserta didik kelas V setelah penerapan model NHT, yang
membuktikan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran
matematis peserta didik. Dengan demikian, model pembelajaran NHT terbukti lebih
efektif dibandingkan dengan model SGD dalam meningkatkan hasil belajar kognitif
matematika peserta didik
RISDA NIANDARI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RISDA NIANDARI. (2024).PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 104 LANGENSARI SENANGGALIH.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd