RIAN BAHARI NURDIN; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARAN 4


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik yang kurang terampil
dalam membuat tulisan maupun karangan di sekolah dasar. tujuan penelitian ini untuk
mengetahui: (1) penerapan gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan menulis
peserta didik kelas V SD negeri Banjaran 4 (2) pengaruh gerakan literasi sekolah
terhadap keterampilan menulis peserta didik kelas V SD negeri Banjaran 4. Untuk
memenuhi tujuan tersebut metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimental semu
(quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diambil yaitu sebanyak
66 siswa dengan pengambilan Sampel sebanyak 32 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi dan lembar tes. analisis data penelitian ini yaitu deskriptif menggunakan spss
22 for windows. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest postest. hasil
penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi sekolah memberikan pengaruh
signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa. Rata-rata nilai
keterampilan menulis siswa pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan
setelah penerapan program literasi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak
mengalami peningkatan yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa program
literasi sekolah berperan penting dalam meningkatkan keterampilan menulis peserta
didik, terutama dalam hal pengembangan ide, tata bahasa, dan struktur penulisan.
RIAN BAHARI NURDIN - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RIAN BAHARI NURDIN. (2024).PENGARUH PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARAN 4.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd