RENDRIK ROMANSYAH SUHERMAN; " />
Record Detail Back

XML

PENGGUNAAN MEDIA CLASSMARKER BERBASIS QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS


Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS pada peserta
didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Penggunaan Media
Classmarker, untuk mengukur peningkatan dan perbedaan hasil belajar kognitif
pada mata pelajaran IPS peserta didik di kelas V SDN 231 Kota Bandung. Pada
kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik
penarikan sampel pada penelitian ini menggunakanpurposive sampling yang berarti
pengambilan sampel data dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang diambil
dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas, yaitu kelasV-A dan kelas V-B, masingmasing berjumlah 25 peserta didik di kelas V. Instrumen penelitian ini berupa
lembar soal pilihan ganda dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan bantuan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Penggunaan Media classmarker berbasis quiz di kelas eksperimen
terlaksana dengan sangat baik; 2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar
pada mata pelajaran IPS pada peserta didik yang lebih baik antara kelas eksperimen
yang menggunakan Media classmarker dibandingkan dengan kelas kontrol yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional; 3) Terdapat peningkatan hasil
belajar kognitif pada mata pelajaran IPS peserta didik kelas V SDN 231 Sukaasih
Kota Bandung dengan menerapkan media pembelajaran classmarker untuk
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
RENDRIK ROMANSYAH SUHERMAN. (2024).PENGGUNAAN MEDIA CLASSMARKER BERBASIS QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd