HANIFAH NUR ANGGRAENI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model
Collaborative Learning terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata
pelajaran Matematika kelas IV SDN Majalaya 01. Berdasarkan hasil observasi
awal, ditemukan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran
Matematika masih berada di bawah standar yang diharapkan, dengan banyak
peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini
mendorong peneliti untuk menerapkan model Collaborative Learning sebagai
alternatif untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain NonEquivalent Control Group Design, yang melibatkan pretest dan posttest pada dua
kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model Collaborative Learning
dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil
belajar kognitif peserta didik yang menggunakan model Collaborative Learning.
Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif yang lebih baik
dibandingkan dengan kelas kontrol, yang ditunjukkan oleh rata-rata hasil belajar
yang lebih tinggi setelah perlakuan. Penerapan model Collaborative Learning
efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran
Matematika kelas IV SDN Majalaya 01. Model ini terbukti dapat menjadi alternatif
yang lebih baik dibandingkan metode pembelajaran konvensional dalam
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.
HANIFAH NUR ANGGRAENI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
HANIFAH NUR ANGGRAENI. (2024).PENGARUH PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd