Record Detail Back
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV
Penelitian ini berjudul “Penggunaan media pembelajaran Quizizz dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pembelajaran
Bahasa Indonesia kelas IV”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan media pembelajaran Quizizz dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini
menggunakan desain pre-experimental dengan satu kelompok subjek penelitian,
yaitu kelas IV SD Negeri 104 Langensari Senanggalih. Populasi pada penelitian ini
yaitu sebanyak 90 peserta didik dan sampel yang terdapat pada penelitian ini yaitu
25 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi yang
dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan
sesudah penerapan media pembelajaran Quizizz dan menilai peneliti pada saat
pembelajaran di kelas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji wilcoxon
untuk melihat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz efektif
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dengan adanya
peningkatan signifikan pada hasil posttest dibandingkan dengan hasil pretest yaitu
dengan interpretasi Gain menunjukkan nilai sebesar 0,83, ini mengindikasikan
bahwa indeks Gain berada di atas
MOCHAMAD FARIS AL GHAZY BUDIMAN - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
MOCHAMAD FARIS AL GHAZY BUDIMAN. (2024).PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd