Record Detail Back
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SNAKES AND LADDERS GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik
dalam mata pelajaran IPA materi gaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penggunaan, mengukur perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta
didik setelah diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran Snakes and Ladders
Game. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif menggunakan metode Quasi
Experiment dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 099 Babakan Tarogong. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Simple Random Sampling yang terdiri dari
kelas IV B sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV F sebagai kelompok kontrol.
Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi untuk mengukur penggunaan
media pembelajaran Snakes and Ladders Game serta tes berupa soal Pretest dan Postest
untuk mengukur pengaruh dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan aplikasi
software SPSS 22 for windows. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh
hasil bahwa 1) Penggunaan media pembelajaran Snakes and Ladders Games terhadap
kemampuan berpikir kritis terlaksana dengan sangat baik 2) Terdapat perbedaan
kemampuan berpikir kritis peserta didik antara kelas eksperimen dibandingkan dengan
kelas kontrol 3) Media pembelajaran Snakes and Ladders Game dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik
ALIFA NADZARI HADI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
ALIFA NADZARI HADI. (2024).PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SNAKES AND LADDERS GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd