LALA AURELIA NUR PUTRI; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DALAM SBDP


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran
Index Card Match terhadap peningkatan minat belajar dan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan minat
belajar peserta didik kelas III SD pada mata Pelajaran Seni Musik dalam SBdP.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik di kelas
III hal ini ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam diskusi
kelas, minimnya antusiasme saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen berupa angket minat belajar
peserta didik, lembar observasi pendidik dan peserta didik, dan soal pretest
posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
Purposive Sampling. Pengambilan sampel ini terdiri dari satu kelas, yaitu kelas III
B. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan angket, serta dianalisis
menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model
pembelajaran Index Card Match terbukti efektif dalam meningkatkan minat
belajar peserta didik kelas III SD pada mata pelajaran Seni Musik dalam SBdP.
Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan partisipasi aktif, antusiasme, dan
keinginan peserta didik untuk belajar
LALA AURELIA NUR PUTRI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
LALA AURELIA NUR PUTRI. (2024).PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD PADA MATA PELAJARAN SENI MUSIK DALAM SBDP.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd