REVI MARISKA; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran
Problem-Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa kelas V sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada
rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang
membutuhkan keterampilan berpikir kritis dan analitis. Model PBL dipilih karena
mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar melalui penyelesaian
masalah nyata, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
dan kreatif mereka. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest,
dengan sampel berupa 25 siswa kelas V di SDN Kopo 05. Instrumen penelitian
berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan sebelum
dan sesudah penerapan model PBL. Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk
melihat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa setelah diterapkan model PBL. Temuan ini
mengindikasikan bahwa PBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di sekolah dasar
REVI MARISKA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
REVI MARISKA. (2024).PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd