DAVID FAUZI SHIDQIE; " />
Record Detail Back

XML

PENGARUH PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD


Penelitian ini berjudul "Penerapan Metode Game Based Learning Terhadap Hasil
Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika di Kelas IV SD (Studi
Eksperimen pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 099 Babakan Tarogong
Kota Bandung)." Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar kognitif
matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan
penerapan metode Game Based Learning pada materi bangun datar dalam
pembelajaran matematika dan membandingkan hasil belajar kognitif antara kelas
eksperimen yang menggunakan metode Game Based Learning dengan kelas
kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi penelitian
ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB
sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimen
dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Data
dikumpulkan melalui hasil Pretest dan Posttest, dan analisis data dilakukan
menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode
Game Based Learning berjalan dengan baik dan efektif terhadap hasil belajar
kognitif peserta didik. Selain itu, terdapat perbedaan antara hasil belajar kognitif
matematika peserta didik di kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas
eksperimen yang menerapkan metode Game Based Learning menunjukkan hasil
yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode
konvensional
DAVID FAUZI SHIDQIE - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
DAVID FAUZI SHIDQIE. (2024).PENGARUH PENERAPAN METODE GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd