GISHELA NURLAELI IHSANI; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERUNDUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PELANGI 01 KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG


Penelitian ini di latar belakangi oleh fakor penyebab perundungan pada peserta didik di
dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor penyebab perundungan
pada peserta didik SDN pelangi 01 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung. Faktor
keluarga, teman sebaya, dan media, yang menyebabkan peserta didik berperilaku
perundungan dengan informan tiga orang pelaku dan lima oran korban perundungan
Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan instrument yang digunakan pedoman
wawancara. Data yang diperoleh dari Kepala sekolah, wali kelas, peserta didik yang
menjadi pelaku dan korban perundungan adalah sumber datanya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa faktor penyebab menjadi pelaku perundungan: (1) faktor keluarga,
karena keluarga yang kurang harmonis, tidak utuh (orang tua meninggal atau bercerai),
proses sosialisasi yang tidak sempurna dari keluarganya, komunikasi yang tidak lancar
antara orang tua dan anak, serta pola asuh yang tidak adil. (2) faktor teman sebaya, karena
tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya yang memungkinkan peserta didik ini
terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, adanya faktor ingin diakui oleh
anggota kelompok teman sebaya (3) media massa karena, games online salah satu
penyebab timbulnya perundungan dan faktor penyebab menjadi pelaku perundungan yaitu
(1) faktor keluarga menjadi korban perundungan karena peserta didik yang kurang
perhatian atau tidak harmonis (2) faktor teman sebaya karena pergaulan perseta didik
cenderung sedikit bebas seperti temannya sering mengerjainnya (3) faktor media masa
bahwa korban perundungan jarang menggunakan smartphone Sekolah hendaknya lebih
menambah pengawasan dari mulai penjaga sekolah yang disiplin dan kepala sekolah
mengawasi tindak lanjut faktor perundungan tersebut,bagi guru hendaknya tanggap
terhadap faktor penyebab perundungan dari bentuk kecil ataupun besar supaya tidak sampai
menimbulkan korban,bagi orang tua peserta didik hendaknya memberikan kasih sayang
dan perhatian yang besar kepada anak-anaknya supaya hal-hal yang sudah terjaditidak
terjadi lagi untuk kedua kalinya, bagi peneliti selanjutnya perlu adanya penelitian lebih
lanjut dan secara mendalam berkaitan penelitian ini, terutama mengenai cara mengatasi
perundungan ditijau dari faktor-faktornya agar penyesaian masalah perundungan di sekolah
dapat maksimal sehingga tidak ada kasus-kasus perundungan di kalangan peserta didik.
GISHELA NURLAELI IHSANI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
GISHELA NURLAELI IHSANI. (2024).ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PERUNDUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN PELANGI 01 KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd