Record Detail Back
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPA PESERTA DIDIK SD
Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemahaman peserta
didik dalam mata pelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray, mengukur
perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik di SDN Liosari
Kabupaten Bandung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan
metode Pre-Experimental designs dengan desain one group pretest posttest.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Liosari.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. instrumen
dalam penelitian ini yaitu lembar observasi untuk mengukur penerapan model
pembelajaran Two Stay Two Stray serta tes berupa soal pretest dan posttest untuk
mengukur perbedaan dan peningkatan kemampuan pemahaman peserta didik.
Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan aplikasi
SPSS 25 for windosws. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh
bahwa 1) penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan
pemahaman IPA dapat dilaksanakan dengan sangat baik 2)Terdapat perbedaan yang
signifikan dalam kemampuan pemahaman IPA terhadap perlakuan pertama dan
perlakuan kedua dengan penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray di SD
3)Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman IPA peserta didik terhadap
perlakuan pertama dan perlakuan kedua dengan menggunakan model pembelajaran
Two Stay Two Stray di SD
AMELIA REGITA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
AMELIA REGITA. (2024).PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN IPA PESERTA DIDIK SD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd