Record Detail Back
PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III T.A 2023-2024
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Brain Gym terhadap
peningkatan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran tematik di kelas III SDN
099 Babakan tarogong. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya
motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment dengan
desain non-equivalent control group design yang terdiri atas pretest-posttest pada
kelas eksperimen menggunakan penerapan Brain Gym dan kelas kontrol
menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pembelajaran tematik adalah
model pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran dalam satu tema
sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna pada siswa. Pengalaman
bermakna ini maksudnya adalah siswa akan lebih mudah memahami konsepkonsep yang dipelajari melalui pengalaman langsung dalam kehidupan sehari dan
mengaitkannya dengan konsep lain yang sudah dipelajari. Teknik sampling yang
digunakan purposive sampling (pengambilan data dengan pertimbangan tertentu).
Populasi penelitian ini yaitu 162 peserta didik dan sampel yang diambil dalam
penelitian ini yaitu dua kelas terdiri dari III-A (27 peserta didik) dan III-B (24
peserta didik) total keseluruhan 51 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa
lembar angket/kuesioner motivasi belajar dan lembar observasi. Teknik analisis
data menggunakan bantuan software IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini yaitu (1)
Penerapan Brain Gym pada pelajaran tematik di kelas III keterlaksanaan yaitu 100%
(sangat baik); (2) bahwa nilai signifikan posttest motivasi belajar peserta didik pada
pelajaran tematik diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 > 0,05 maka H0 ditolak
dan H1 diterima dapat menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada data posttest
yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil posttest
pada kelas eksperimen yaitu 42,26, Sedangkan pada nilai data posttest kelas kontrol
yaitu 32,83. Hal ini dapat dilihat adanya perbedaan. (3) Hasil data uji gain skor
mengenai peningkatan terhadap motivasi belajar peserta didik pada pelajaran
tematik yaitu 0,7311. Melihat pada interpretasi uji gain 0,7311 yang berarti dalam
indeks gain yaitu > 0,70 yang berarti berada pada kategori tinggi. Terlihat bahwa
nilai rata-rata pada hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen terdapat adanya
peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Brain Gym di kelas III pada
pelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
SINTIA RAHAYU - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SINTIA RAHAYU. (2024).PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III T.A 2023-2024.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd