TAZKIYA AULIA NURAHMAH; " />
Record Detail Back

XML

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR


Perkembangan pesat di era modern menuntut generasi baru untuk memiliki
kemampuan kognitif dan mental agar dapat bertahan dan bersaing. Pendidikan
menjadi faktor kunci dalam membentuk kemampuan ini, serta dalam membantu
individu untuk berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial mereka. Salah
satu aspek penting dalam pendidikan adalah penyesuaian sosial, yang memerlukan
kecerdasan emosi tinggi dan kemampuan untuk berinteraksi dengan baik dalam
kelompok. Salah satu aspek penting pendidikan, penyesuaian sosial
yangmemerlukan kecerdasan emosi dan kemampuan interaksi yang baik dalam
kelompok, selama ini ada indikasi bahwa banyak peserta didik mengalami kesulitan
dalam menyesuaikan diri secara sosial di lingkungan sekolah. Penelitian ini
bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kecerdasan emosi, interaksi
dengan teman sebaya, dan penyesuaian sosial pada peserta didik kelas V di SDN
166 Ciateul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantittif, dengan
analisis penelitian menggunakan regresi linier berganda dan korelasi Pearson
Product Moment dengan bantuan program SPSS, melibatkan seluruh populasi yang
berjumlah 27 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa angket kuesioner. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi memiliki korelasi positif yang
signifikan dengan penyesuaian sosial, di mana semakin tinggi kecerdasan emosi
peserta didik, semakin baik penyesuaian sosial mereka. Interaksi dengan teman
sebaya juga berhubungan signifikan dengan penyesuaian sosial, meskipun dengan
pengaruh yang lebih kecil dibandingkan kecerdasan emosi. Secara keseluruhan,
terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dan interaksi teman
sebaya dengan penyesuaian sosial
TAZKIYA AULIA NURAHMAH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
TAZKIYA AULIA NURAHMAH. (2024).HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd