Record Detail Back
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media audiovisual terhadap pemahaman
konsep IPA peserta didik kelas V SD, khususnya pada materi sistem pernapasan manusia.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman konsep IPA yang
diperoleh peserta didik melalui metode pembelajaran konvensional, yang sering kali
kurang konkret dan sulit dipahami. Berdasarkan teori Anderson dan Krathwohl tentang
pemahaman konsep, serta Sadiman yang menyoroti keunggulan media audiovisual dalam
memfasilitasi pembelajaran yang lebih visual dan konkret, penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi apakah penggunaan media audiovisual dapat memberikan hasil yang
lebih baik dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA dibandingkan metode
konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu
dengan desain pretes-postes. Dua kelompok dilibatkan dalam penelitian ini, yaitu
kelompok eksperimen yang menggunakan media audiovisual dan kelompok kontrol yang
menggunakan metode konvensional. Data dianalisis menggunakan N-Gain untuk
mengukur peningkatan pemahaman konsep, dan uji Independent Sample t-test untuk
menguji perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) Berdasarkan hasil observasi penggunaan media audiovisual terhadap
pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA pada materi sistem pernapasan manusia di
kelas eksperimen terlaksana dengan lengkap termasuk dalam kriteria sangat baik. (2)
Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA pada peserta didik kelas eksperimen yang
menggunakan media audiovisual dengan peserta didik kelas kontrol yang menggunakan
media konvensional. Sehingga dapat diasumsikan bahwa penggunaan media audiovisual
dapat mempengaruhi peningkatan pemahaman konsep IPA. Sehingga dapat diasumsikan
bahwa penggunaan media audiovisual berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA. (3)
Terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA peserta didik kelas eksperimen yang
menggunakan media audiovisual lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep IPA
peserta didik kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. Sehingga dapat
diasumsikan bahwa penggunaan media audiovisual dapat mempengaruhi peningkatan
pemahaman konsep IPA
BILQIS TSARA NAZIA BOTUTIHE - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
BILQIS TSARA NAZIA BOTUTIHE. (2024).PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd