Record Detail Back
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MAJALAYA 01
Penelitian ini berjudul "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall
Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas III Pada Mata Pelajaran
Matematika Di SDN Majalaya 01" Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar
kognitif matematika peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan
penerapan media wordwall pada materi bangun datar dalam pembelajaran matematika,
untuk mengetahui terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar kognitif antara
kelas eksperimen yang menggunakan media wordwall dengan kelas kontrol yang tidak
menggunakan media wordwall (konvensional). Populasi penelitian ini terdiri dari dua
kelas, yaitu kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol.
Metode yang digunakan adalah metode kuasi-eksperimen dengan instrumen penelitian
berupa lembar observasi dan soal tes. Data dikumpulkan melalui hasil Pretest dan
Posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji t-test dan N-Gain. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan media wordwall berjalan dengan baik dan efektif
terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Selain itu, terdapat perbedaan dan
peningkatan antara hasil belajar kognitif matematika peserta didik di kelas eksperimen
dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen yang menerapkan media wordwall
menunjukkan peningkatan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol
yang menggunakan metode konvensional
IRSANI KHARIMA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
IRSANI KHARIMA. (2024).PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN MAJALAYA 01.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd