Nitha Novianti Sumarna; " />
Record Detail Back

XML

PERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK


Kemampuan Pemahman Konsep Matematis merupakan kemampuan seseorang dalam
menyelesaikan suatu masalah dengan berdasarkan konsep, aturan yang ada, sehingga dapat
ditarik kesimpulan. Hasil observasi dan wawancara mengatakan bahwa Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis masih tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti menguji
kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SMK menggunakan model
pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra. Tujuan penelitian ini adalah
untuk 1) Mendeskripsikan tentang adanya peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis siswa SMK setelah diterapkan Model Pembelajaran Discovery Learning
berbantuan Geogebra. 2) Mendeskripsikan adanya perbedaan peningkatan Kemampuan
Pemahman Konsep Matematis SMK yang pembelajarannya menggunakan Model
Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra dengan pembelajaran
konvensional, Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Bina Warga
Bandung. Penggunaan sampel digunakan adalah mengambil dua kelas dengan
menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MP 1 sebagai kelas eksperimen
dan XI MP 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah sebuah tes
dengan penunjangnya adalah CP, ATP, modul ajar, LKPD, lembar observasi dan aplikasi
Geogebra. Penelitian ini berlangsung selama 3 pertemuan untuk tiap kelasnya. Uji PreTest

dilakukan sebelum pembelajaran, sedangkan Post-Test dilakukan sesudah
pembelajaran. Hasil uji tersebut dianalisia menggunakan software SPSS v20 for windows
untuk melihat hasil pembelajaran yang sudah diberikan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra meningkatkan
Pemahaman Konsep Matematis siswa SMK, 2) Model Pembelajarani Discovery Learning
berbantuan Geogebra meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa di
SMK lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. 3) Pelaksanaan Model
Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Geogebra berjalan dengan sangat baik.
Nitha Novianti Sumarna - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PMAT FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nitha Novianti Sumarna. (2023).PERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd