Record Detail Back
PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Think
Pair Share dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas V pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di SD YPU Kota Bandung. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitaian kuasi eksperimen dengan
desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas
V SD YPU Kota Bandung, dengan sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi menjadi
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini meliputi lembar observasi penerapan aktivitas belajar dan kuesioner
aktivitas belajar untuk mengukur aktivitas belajar peserta didik sesuai sintak. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share
secara signifikan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dibandingkan dengan
metode pembelajaran konvensional. Peningkatan ini ditunjukkan melalui hasil
observasi dan kuesioner yang menunjukkan peningkatan aktivitas belajar setelah
diterapkannya model Think Pair Share. Dengan demikian, model pembelajaran
Think Pair Share terbukti meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial di kelas V SD YPU Kota Bandung
SINDY RIZKI RIANTI - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SINDY RIZKI RIANTI. (2024).PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd