SRI MAYANG AMALIA; " />
Record Detail Back

XML

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TWIN MIRROR INTERACTIVE WHITEBOARD DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK


Di era digital saat ini, perkembangan teknologi telah menciptakan tuntutan baru dalam dunia
pendidikan, di mana metode pembelajaran konvensional sering kali tidak lagi cukup untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Twin Mirror Interactive Whiteboard dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPA terhadap peserta didik kelas V di SDN 038 Kiaracondong Kota Bandung. Alasan dilaksanakannya penelitian ini dilatarbelakangi pada kurangnya pemanfaatan alat Twin Mirror Interactive Whiteboard dan rendahnya nilai IPA di salah satu sekolah di kota Bandung. Alat ini menawarkan berbagai fitur interaktif yang dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental non-equivalent control group design dengan pretest dan posttest. Sampel penelitian terdiri dari 52 peserta didik yang sudah ditentukan. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes soal uraian yang diberikan sebelum dan sesudah penggunaan Twin Mirror Interactive Whiteboard. Analisis data dilakukan dengan pengamatan langsung selama proses pembelajaran menggunakan lembar observasi serta menggunakan Uji Independent Sample T-Test yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Twin Mirror Interactive Whiteboard telah dilaksanakan oleh pendidik dengan keterlaksanaan 100% yaitu termasuk ke dalam kriteria sangat baik. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia di kelas eksperimen yang menggunakan Twin Mirror Interactive Whiteboard dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh pendidik. Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif IPA peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan Twin Mirror Interactive Whiteboard lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh pendidik. Dengan demikian, dapat diasumsikan bahwa penggunaan Twin Mirror Interactive Whiteboard pada materi sistem pencernaan manusia di kelas eksperimen efektif terbukti meningkatkan hasil belajar kognitif IPA peserta didik
SRI MAYANG AMALIA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SRI MAYANG AMALIA. (2024).EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TWIN MIRROR INTERACTIVE WHITEBOARD DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd