SRI MAYANG AMALIA; " />
Record Detail Back

XML

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TWIN MIRROR INTERACTIVE WHITEBOARD DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK


Di era digital saat ini, perkembangan teknologi telah menciptakan tuntutan baru dalam dunia
pendidikan, di mana metode pembelajaran konvensional sering kali tidak lagi cukup untuk memenuhi
kebutuhan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Twin
Mirror Interactive Whiteboard dalam meningkatkan hasil belajar kognitif IPA terhadap peserta didik
kelas V di SDN 038 Kiaracondong Kota Bandung. Alasan dilaksanakannya penelitian ini
dilatarbelakangi pada kurangnya pemanfaatan alat Twin Mirror Interactive Whiteboard dan
rendahnya nilai IPA di salah satu sekolah di kota Bandung. Alat ini menawarkan berbagai fitur
interaktif yang dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Metode penelitian
yang digunakan adalah quasi experimental non-equivalent control group design dengan pretest dan
posttest. Sampel penelitian terdiri dari 52 peserta didik yang sudah ditentukan. Data dikumpulkan
melalui instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes soal uraian yang diberikan sebelum
dan sesudah penggunaan Twin Mirror Interactive Whiteboard. Analisis data dilakukan dengan
pengamatan langsung selama proses pembelajaran menggunakan lembar observasi serta
menggunakan Uji Independent Sample T-Test yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Twin Mirror Interactive Whiteboard telah
dilaksanakan oleh pendidik dengan keterlaksanaan 100% yaitu termasuk ke dalam kriteria sangat
baik. Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia
di kelas eksperimen yang menggunakan Twin Mirror Interactive Whiteboard dan kelas kontrol yang
menggunakan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh pendidik. Terdapat peningkatan hasil
belajar kognitif IPA peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan Twin Mirror Interactive
Whiteboard lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran
yang biasa digunakan oleh pendidik. Dengan demikian, dapat diasumsikan bahwa penggunaan Twin
Mirror Interactive Whiteboard pada materi sistem pencernaan manusia di kelas eksperimen efektif
terbukti meningkatkan hasil belajar kognitif IPA peserta didik
SRI MAYANG AMALIA - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
SRI MAYANG AMALIA. (2024).EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TWIN MIRROR INTERACTIVE WHITEBOARD DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA PESERTA DIDIK.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd