HENDRIAWAN HIDAYAT; " />
Record Detail Back

XML

ANALISIS PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN SOLOKAN JERUK KABUPATEN BANDUNG


Penelitian ini berjudul “Analisis Pengembangan Karakter Mandiri Melalui
Pembelajaran IPS Kelas V di SDN Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Pada
penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya karakter mandiri siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengembangan karakter mandiri dalam pembelajaran IPS kelas V di
SDN Solokan Jeruk. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.
Adapun objek penelitian ini adalah pengembangan karakter melalui pembelajaran
IPS. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini adalah untuk menguraikan bagaimana
pengembangan karakter mandiri melalui pembelajaran IPS yang terjadi di SDN
Solokan Jeruk. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas,
yaitu kelas V yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan hasil dari wawancara yang dilakukan terhadap subjek dalam
penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter
mandiri di kelas V melalui pembelajaran IPS dapat dilakukan dengan berbagai cara,
yaitu kedisiplinan, percaya diri, tanggung jawab, kreatif, kontrol diri dan tidak
bergantung kepada orang lain. Penelitian ini adalah melakukan mewawancarai
kepada kepala sekolah, guru, dan siswa mengenai pembahasan pengembangan
karakter mandiri melalui pembelajaran IPS kelas V di SDN Solokan Jeruk
HENDRIAWAN HIDAYAT - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
HENDRIAWAN HIDAYAT. (2024).ANALISIS PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN SOLOKAN JERUK KABUPATEN BANDUNG.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd