Record Detail Back
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media berbasis Powtoon pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Secara umum sebagian besar peserta didik mengalami kesulitan untuk memperhatikan guru yang sedang mengajar. Hal tersebut dapat terjadi karena kurangnya ketekunan peserta didik dalam mengamati materi yang dipelajari, terutama pada kelas rendah tentunya model pembelajarannya pun harus kreatif dan inovatif agar membuat peserta didik merasakan belajar sambil bermain sehingga tidak menghasilkan suasana bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman observasi angket untuk menjaring data yang bersifat kuantitatif. Instrumen penelitian yang dilakukan yaitu dengan membuat desain RPP sebanyak dua kali pertemuan untuk masing – masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretest dan posttest yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji beda rata – rata yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas eksperimen yang menggunakan media berbasis powtoon serta peningkatan motivasi belajar peserta didik menggunakan media berbasis powtoon lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional.
NENDEN HANIFAH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
PGSD FKIP UNLA
2023
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
NENDEN HANIFAH. (2023).EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd