Record Detail Back
ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 16 CIBABAT CIMAHI
Pendidikan seksual merupakan salah satu cara guru untuk melindungi murid dari kekerasan seksual dan penyimpangan seksual dari orang-orang di sekitar mereka. Pendidikan seksual bagi anak usia Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan pemelajaran mengenai emosi, sikap dan perilaku, identitas diri, dan mengenal anggota tubuh beserta fungsinya. Namun untuk menyampaikan pendidikan seksual, terlebih kepada murid TK, diperlukan strategi penyapaian yang disesuaikan dengan usia anak TK. Oleh karena itu fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi guru TK Kemala Bhayangkari 16 Cibabat Cimahi dalam menyampaikan pendidikan seksual. Diantaranya bagaimana cara guru menyusun strategi komunikasi bila dilihat dari sasaran komunikasi, pemilihan media, pengkajian tujuan pesan, dan peranan komunikator dalam komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpualan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan jika dalam menyampaikan pendidikan seksual, guru menggunakan metode pembelajaran dengan cara bernyanyi, bercerita, dan melalui video serta gambar edukatif.
FENITA ANDARISYAH - Personal Name
NONE
Text
INDONESIA
IKOM FISIP UNLA
2024
BANDUNG
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
FENITA ANDARISYAH. (2024).ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENYAMPAIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL
DI TAMAN KANAK-KANAK KEMALA BHAYANGKARI 16 CIBABAT CIMAHI.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd